rss

Rabu, 25 Agustus 2010



BlackBerry XL "Roaming" ke Arab Saudi


Pengguna BlackBerry XL yang tengah berkunjung ke Arab Saudi, entah untuk beribadah umrah, haji, atau sekadar melancong, kini tetap dapat mengaktifkan layanan tersebut. Operator seluler tersebut telah memperluas layanan internasional roaming layanan BlackBerry ke Arab Saudi dengan tarif flat.

"Mulai 15 Agustus 2010, pelanggan XL sudah dapat menikmati layanan Unlimited Data Roaming di Arab Saudi," kata Vice President Enterprise & Carrier XL, Titus Dondi, di Jakarta, Senin (23/8/2010). Menurut Dondi, layanan roaming XL BlackBerry unlimited di Arab Saudi dilakukan dengan menggandeng operator Mobily (Etisalat).

Permintaan layanan roaming XL BlackBerry di negeri petro dollar itu, selain memenuhi permintaan pengguna XL yang bepergian pergi pulang Indonesia-Arab Saudi, juga membidik saat musim haji setiap tahunnya.

"Layanan terbaru XL ini sangat memudahkan pelanggan XL saat ibadah haji dan umroh untuk tidak saja berkomunikasi lewat suara dan SMS, tapi juga dapat mengakses data dan internet melalui XL BlackBerry," lanjut Dondi.

Tarif XL BlackBerry unlimited data roaming di Arab Saudi, dikenakan tarif sebesar Rp75.000 per hari, untuk pelanggan XL Prabayar dan XL PascaBayar. "Dengan sebesar Rp75.000, pelanggan dapat mengakses Internet sepuasnya," katanya.

Untuk mengaktifkan layanan ini, pelanggan dapat mengirim SMS yaitu, BB (spasi) Roaming lalui kirim ke 568, atau mengakses *123# lalu memilih paket internet dan BlackBerry, selanjutnya pilih BlackBerry Roaming.

Dondi menuturkan, selain ke Arab Saudi, XL juga sudah menyediakan paket XL BlackBerry Unlimited data roaming di 10 negara dengan tarif sebesar Rp 25.000/hari untuk pelanggan XL Pascabayar, yaitu di Singapore, Malaysia, Kamboja, Srilangka, Bangladesh, Hongkong, Jepang, Filipina, Taiwan serta Macau.

Sementara tarif paket Unlimited data roaming XL BlackBerry Rp 50.000/hari bagi pelanggan XL Prabayar di 7 negara yakni Singapore, Malaysia, Kamboja, Srilangka, Bangladesh, Hongkong, dan Jepang.

Dengan begitu, secara keseluruhan sampai saat ini paket Unlimited data roaming XL BlackBerry tersedia di 11 negara untuk pelanggan XL Pascabayar serta 8 negara untuk XL Prabayar.

Selain XL BlackBerry, pelanggan XL juga menyediakan layanan International Roaming untuk suara dan data di 140 negara karena XL menjalin kerjasama dengan 383 operator di luar negeri untuk layanan voice. Sedangkan untuk data, XL bekerjasama dengan 153 operator di luar negeri (roaming partner).

Bagi pelanggan XL Pascabayar, XL juga sudah menyediakan tarif flat roaming data sebesar Rp25/KB di 17 negara, yang meliputi Thailand, India, Amerika Serikat, Australia, Kanada, Belanda, Inggris, Brunei, Perancis, Italia, Selandia Baru, Spanyol, Turki, Portugal, Ceko, Irlandia, serta Jerman.

Meski demikian, Dondi mengakui pendapatan XL Axiata dari internasional roaming masih belum terlalu besar, atau masih berkisar 4 persen dari total pelanggan XL. "Belum terlalu besar. Tapi, khusus untuk Arab Saudi, pelanggan XL yang bolak-balik dari Indonesia baru sekitar 500 pelanggan pada hari biasa, namun akan meningkat tajam saat musim haji," tegas Dondi.

0 komentar: