rss

Minggu, 29 Agustus 2010


Operator Diimbau Tak Mengupgrade Jaringan

Jelang idul fitri 1430 Hijriah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengimbau kepada seluruh operator telekomunikasi agar tidak melakukan instalasi perangkat lunak/keras baru maupun upgrading. Sebab upgrade jaringan dapat berpotensi mengubah konfigurasi sistem terutama pada saat H-7 hingga H+7.

Selain itu, operator juga diminta wajib menyiapkan tim yang siap sedia (stand by) 24 jam guna mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat menyebabkan penurunan kualitas pelayanan.

"Kami telah menginstruksikan kepada para penyelengara telekomunikasi untuk memperbaiki dan mempertahankan kualitas pelayanan jelang dan saat Hari Raya Idul Fitri 1430 h. Pengalaman kualitas layanan telekomunikasi di Hari Raya Idil Fitri 1429 H tahun lalu sudah cukup bagus dan dapat menjadi pengalaman yang cukup berharga dan terus dipertahankan," kata kepala pusat informasi dan Humas Kemkominfo, Gatot S Dewa Broto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/8/2010).

Gatot mengatakan, untuk mengantisipasi kualitas layanan telekomunikasi sebelum, pada puncak dan pasca selama berlangsungnya lebaran, maka pada tanggal 31 Agustus 2010, Dirjen Postel Muhammad Budi Setiawan akan memberangkatkan secara resmi beberapa mobil operasional yang dilengkapi sejumlah alat dan pepeninjauan lapangan, yang beranggotakan pejabat dan staf dari Ditjen Postel/BRTI, dan sejumlah penyelenggara telekomunikasi.
Jaringan layanan telekomunikasi yang akan dicek secara serentak mulai tanggal 31 Agustus 2010 pagi tersebut adalah untuk jurusan Jakarta-Cirebon-Losari, kemudian Jakarta-Cileunyi-Nagrek-Garut-Tasikmalaya, selanjutnya Semarang-Jogja-Solo, dan terakhir adalah Jakarta-Merak.

"Khusus untuk tim yang diberangkatkan dari halaman Ditjen Postel tersebut hanya untuk yang menuju ke Merak, sedangkan 3 tujuan lain langsung diserahkan pada masing-masing penyelenggara telekomunikasi di bawah monitoring BRTI," kata Gatot.

Diakui Gatot, sebenarnya sejumlah operator telekomunikasi sudah menginformasikan kepada masyarakat umum melalui berbagai media massa tentang kesiapan mereka menghadapi Lebaran tahun 2010. "Akan tetapi, kemkominfo tidak berani mengambil resiko, dan diputuskan untuk tetap mengadakan pengecekan jaringan karena trafik telekomunikasi diperkirakan akan mengalami lonjakan yang sangat signifikan.," tandas Gatot.
okezone

0 komentar: