rss

Rabu, 14 November 2007

Jakarta - Berdesak desakan gara-gara begitu banyak perut lapar memesan makanan di restoran McDonalds? Tampaknya kejadian ini akan segera tinggal kenangan.

Pasalnya, McDonalds saat ini tengah bereksperimen yang memungkinkan para konsumennya memesan makanan langsung melalui ponsel dari meja mereka. Dengan demikian, konsumen tak perlu meninggalkan meja hanya untuk mengantri makanan.

Saat pesanan selesai pun ponsel akan berbunyi dan pembeli cukup mendatangi tempat jemputan. Pembayaran makanan yang dipesan juga secara otomatis dilakukan lewat ponsel.

Ujicoba layanan baru di Korea Selatan ini menggunakan teknologi radio frequency identification (RFID), yaitu metode identifikasi otomatis dengan chip tertentu yang bisa diterapkan dalam berbagai produk. Untuk menggunakan layanan ini, konsumen terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi McDonalds ke ponsel mereka.

"Di setiap meja restoran, terdapat pembaca RFID dan daftar menu dengan RFID built in. Konsumen bisa memilih item menu dengan menghubungkan pembaca RFID tersebut ke ponsel. Ongkos biaya juga diberitahukan lewat ponsel. Ketika sajian menu sudah siap, sistem akan mengirimkan SMS ke ponsel sehingga konsumen bisa segera mengambilnya di tempat yang tersedia," demikian laporan dari Korea Times yang dikutip detikINET Selasa (18/9/2007.

Ujicoba ini dilakukan McDonalds bekerjasama dengan operator ponsel Korea SK Telecom dengan tajuk menu 'Touch Order' (pesan sentuh-red). Ujicoba tersebut dilakukan pada cabang McDonalds di barat ibukota Seoul dekat Yonsei University. Jika sukses bukan tak mungkin ujicoba serupa akan digelar di cabang lain

0 komentar: